Menyajikan Dendeng Balado Lezat di Rumah

Spread the love

Olahan daging adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat dunia. Setiap Negara biasanya akan memiliki cara dan cita rasa tersendiri dalam menciptakan makanan olahan daging. Begitu pula dengan Indonesia yang memiliki berbagai jenis macam makanan yang berasal dari olahan daging, salah satunya dendeng balado. Resep dendeng balado yang lezat banyak dicari oleh mereka yang gemar memasak olahan daging.

Resep Mudah Memasak Dendeng Balado

Dendeng balado memang biasanya banyak dijadikan sebagai menu spesial di berbagai tempat makan yang menyediakan olahan daging. Namun akan lebih spesial jika kita bisa memasaknya di rumah dan menyajikannya untuk keluarga. Resep dendeng balado yang lezat juga sebenarnya simple dan bisa kita coba di rumah. Berikut ini beberapa resep dendeng balado yang harus kita siapkan ketika akan memasak dendeng balado.

  • Daging sapi

Bahan utama dari dendeng balado biasanya adalah daging sapi. Bagian terbaik untuk membuat dendeng adalah gading yang memiliki kandungan lemak paling sedikit. Dengan begitu dendeng bisa matang dengan sempurna.

  • Bahan rendaman

Daging sapi akan melalui tahap perendaman di mana airnya sudah dicampur dengan bumbu. Bumbu-bubu tersebut diantaranya adalah bawang putih, buah pekak, lada bubuk, bawang merah, garam, gula pasir secukupnya dan ketumbar. Bumbu tersebut dihaluskan, kemudian dicampurkan pada air rendaman.

  • Bumbu balado

Siapkan beberapa cabai merah dan cabai keriting secukupnya disesuaikan dengan selera. Bumbu lainnya adalah bawang merah, daun jeruk untuk memberikan kesan segar pada dendeng balado, garam secukupnya dan air asam. Semua bumbu balado tersebut dihaluskan dan ditumis nantinya. Pastikan untuk memasukkan semua bumbu sesuai dengan takaran yang pas.

Setelah menyiapkan berbagai bumbu yang sudah disebutkan di atas, maka saatnya memasak. Cita rasa dendeng nantinya akan sangat dipengaruhi dengan bahan-bahan dan bumbu yang dipilih. Maka pastikan untuk memilih bahan dan bumbu yang segar. Selanjutnya, akan ada beberapa tahapan dalam membuat dendeng balado ini.

Tahapan Membuat Dendeng Balado

Dendeng balado adalah olahan daging sapi yang banyak sekali disukai oleh masyarakat Indonesia. Dendeng balado ini biasanya dijadikan sebagai menu unggulan di restoran yang menyediakan olahan daging. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, rasa dendeng ini juga sudah tidak diragukan lagi. Ada beberapa tahapan saat membuat dendeng balado sebelum siap disantap.

  • Tahap perendaman

Tahap pertama dalam membuat dendeng balado adalah tahap perendaman. Pada tahap ini daging sapi yang telah diiris besar-besar akan direndam di dalam air mendidih yang telah diberikan bumbu-bumbu. Tujuan dari tahap perendaman ini adalah untuk membuat daging empuk dan gurih. Proses perendaman ini juga cukup memakan waktu yang lama untuk memastikan daging memiliki tekstur empuk yang sempurna.

  • Tahap pengirisan

Setelah memastikan tekstur daging telah empuk, daging kemudian ditiriskan. Setelahnya, daging harus diris-iris sesuai dengan selera. Pengirisan yang benar adalah dengan mengikuti serat daging. Setelahnya daging dipukul-pukul hingga pipih dan melebar. Kemudian daging digoreng dalam minyak panas hingga berwarna coklat tua.

  • Tahap pemasakan

Yang dimaksud tahap pemasakan di sini adalah pemasakan dendeng yang telah matang menjadi balado. Setelah menyiapkan bumbu balado, dendeng daging yang telah siap bisa dipotong-potong sesuai selera kemudian tumis dengan bumbu balado. Tidak perlu menumisnya terlalu lama, cukup hingga bumbu merata secara sempurna. Resep dendeng balado yang lezat akan menghasilkan dendeng balado lezat jika kita mengikutinya dengan baik.

error: Content is protected !!