Cara Mudah Masak Kepiting Saos Mentega

Spread the love

Salah satu olahan seafood paling favorit yang ada di restoran adalah olahan kepiting. Meski harganya mahal dan cara memakannya cukup sulit namun tak membuat banyak orang menghindari jenis olahan seafood yang satu ini. Ada banyak sekali olahan kepiting yang bisa Anda nikmati di restoran, salah satunya adalah kepiting saos mentega.

Kepiting memang memiliki harga yang cukup mahal. Hal itu karena kepiting didatangkan langsung dari laut dan untuk berburu kepiting pun merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun kepiting bisa diolah sendiri agar lebih hemat serta bisa dimakan oleh lebih banyak orang. Dengan memasaknya sendiri tentunya budget yang dikeluarkan akan lebih hemat sekaligus seluruh keluarga bisa menikmatinya bukan?

Cara Mengolah Kepiting Saos Mentega Dengan Benar

Olahan seafood kepiting memang jenis masakan yang cocok disajikan untuk keluarga tercinta. Terutama karena olahan kepiting bisa diolah tanpa menggunakan cabai atau bahan pedas lainnya. Sehingga hal itu menjadikan anak-anak pun bisa menikmati olahan kepiting yang lezat dan nikmat.

Daging kepiting memiliki tekstur yang empuk dan lembut serta sedikit kenyal. Namun rasa itu hanya bisa Anda dapatkan jika Anda bisa memasak kepiting dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara memasak kepiting dengan benar agar supaya rasanya sesuai dengan harapan Anda? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Memilih kepiting segar

Pilih kepiting yang segar. Anda bisa mendapatkan kepiting segar di pasar ikan laut. Pilih kepiting yang dipajang di tempat kering bukan yang terendam dalam air. Biasanya kepiting diolah sekitar 2 sampai 3 hari sejak penangkapan kepiting. Cek daging melalui cangkang dan beratnya. Ketuk cangkangnya jika terdengar kosong maka dagingnya pasti tak banyak.

  • Bersihkan kepiting

Banyak orang yang enggan memasak kepiting sendiri karena takut dengan jepit kepiting yang masih hidup. Untuk itu matikan kepiting terlebih dahulu dengan cara menyiramnya dengan air panas kemudian rendam kurang lebih 15 menit. Bersihkan dengan sikat bagian kaki dan cangkang kepiting. Kemudian siram dengan cuka dan cuci di bawah air yang mengalir.

  • Rebus dengan air

Salah satu cara memasak kepiting yang benar adalah dengan merebus atau mengukusnya terlebih dahulu. Namun jika Anda ingin kepiting yang memiliki daging dengan bumbu yang meresap dengan baik maka pilihlah cara rebus. Rebus kepiting dengan air yang sudah diberi bumbu rempah kurang lebih selama 20 menit. Kemudian potong kepiting atau belah menjadi dua agar supaya lebih mudah menyantapnya.

  • Tumis bumbu

Tumis mentega hingga mencair kemudian masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang halus. Tumis hingga bumbu mengeluarkan bau wangi masukkan merica dan garam, setelah itu masukkan kepiting yang sudah Anda rebus tadi. Aduk bumbu mentega hingga merata ke seluruh badan kepiting. Setelah merata baru sajikan di piring saji.

Memilih Kepiting Yang Masih Hidup Atau Sudah Mati?

Sebagian orang mungkin akan memilih kepiting yang sudah mati demi keamanan saat mengolah atau memasaknya. Namun sebenarnya yang paling bagus adalah dengan mengolah kepiting yang ketika Anda beli masih dalam kondisi hidup.

Alasannya adalah karena kepiting yang masih hidup akan memiliki daging yang lebih banyak dan lebih tebal. Banyak pedagang yang curang mencampur kepiting yang dipajang dengan kepiting yang sudah mati. Padahal kepiting yang sudah mati biasanya mengeluarkan banyak air dan memiliki bau amis yang cukup menyengat. Untuk melihat apakah kepiting masih hidup atau sudah mati pun cukup mudah. Lihat saja mata kepiting atau sentuh cangkangnya. Jika masih bergerak maka itu pertanda kepiting masih hidup dan siap untuk Anda olah menjadi kepiting saos mentega yang lezat.

error: Content is protected !!