Cara Memasak Sayur Keladi Santan Pedas

Spread the love

Seiring dengan semakin banyaknya bisnis orang-orang luar negeri di Indonesia, khususnya di bidang kuliner, semakin banyak pula orang yang melupakan kuliner tradisional Indonesia. Kehadiran restoran yang membawa konsep barat dengan makanan khas mereka menarik perhatian banyak orang. Bahkan makanan khas barat dan Negara lain dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari dan melupakan makanan asli daerah kita sendiri. Makanan rumahan menjadi makanan yang banyak ditinggalkan banyak orang karena mereka lebih memilih untuk memesan makanan ketimbang memasaknya sendiri.

Sayur Keladi yang Mulai Terlupakan

Banyaknya kuliner luar negeri seperti kuliner barat dengan KFC, MCD dan lainnya menjadikan makanan Indonesia semakin banyak ditinggalkan oleh peminatnya. Terlebih dengan semakin populernya masakan Timur lainnya seperti Korea, Jepang dan jajanan-jajanan Thailand yang semakin populer di Indonesia. Makanan Indonesia yang juga memiliki rasa khas mungkin mulai dilupakan oleh banyak orang. Itulah mengapa, penulis akan membawakan beberapa informasi mengenai salah satu masakan rumahan yang mungkin sebagian dari kita tak mengetahuinya. Sayur keladi santan pedas adalah makanan yang banyak dimasak oleh masyarakat yang tinggal di desa.

Memasak Sayur Keladi Santan Pedas

Bagi pembaca yang tidak pernah hidup di desa, mungkin akan asing dengan sayur keladi santan pedas. Bahkan mungkin tidak mengetahui apa itu keladi. Keladi adalah tanaman sejenis talas yang bisa kita masak batangnya. Di beberapa daerah, mereka menyebutnya lompong. Sayur ini memiliki rasa yang sangat khas dan gurih karena santan yang digunakan. Sebelum memasaknya, siapkan beberapa bahan dan bumbu yang dibutuhkan.

  1. Bahan Utama

Bahan utama yang harus disiapkan tentu saja keladi. Anda bisa menggunakan batangnya saja, atau juga bisa menggunakan umbinya. Bersihkan batang dan umbi, kupas batang dan umbinya dengan bersih, kemudian rebus. Anda juga mencampurkan bahan tambahan lainnya seperti udang kering, sayur seperti buncis atau bahkan petai jika Anda menyukainya.

  1. Bumbu-bumbu

Bumbu yang diperlukan berupa daun kunyit, bawang putih, cabai sesuai selera, kemiri, terasi yang telah dipanggang, jahe, serai, dan kunyit. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan secara bersamaan. Jangan lupakan santan yang nantinya akan membuat masakan menjadi semakin gurih.

Cara Memasak Sayur Keladi Santan Pedas

Setelah menyiapkan dan memastikan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan telah disiapkan, maka saatnya untuk memasak. Memasak sayur keladi santan pedas tidaklah sulit. Berikut prosesnya;

  1. Langkah pertama dalam memasak sayur keladi santan pedas adalah mengupas kulit keladi dan umbi, jika ingin menggunakan umbinya sekaligus, kemudian rebus hingga empuk dan layu. Campurkan pula sedikit garam saat merebus agar keladi tidak gatal saat dimakan.
  2. Iris tipis-tipis daun kunyit atau daun kesum untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat. Buang saja batangnya karena Anda sudah menggunakan kunyit di bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Bersihkan udang kering hingga bersih, kemudian tiriskan kembali hingga kering.
  4. Saatnya memanaskan minyak secukupnya, kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu tersebut hingga harum, lalu masukkan udang kering ke dalam bumbu yang ditumis. Aduk hingga rata, kemudian tambahkan santan dan aduk kembali hingga mendidih.
  5. Setelah benar-benar mendidih, masukan irisan daun kunyit tadi dan batang keladi ke dalam santan yang telah dibumbui. Tambahkan pula sedikit garam dan gula. Jangan lupa untuk mencicipinya terlebih dahulu untuk memastikan apakah rasanya sesuai dengan yang Anda harapkan. Setelahnya, angkat dan hidangkan.
error: Content is protected !!