Budaya Makanan Korea Selatan yang Enak, Wajib Coba!

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea pasti sering ngiler saat melihat para aktor drama sedang makan makanan Korea, kan? Budaya makanan Korea Selatan juga makin populer di Indonesia karena rasanya yang nikmat dan cocok di lidah orang Indonesia.

Kebanyakan makanan Korea memiliki citarasa pedas sehingga mudah diterima oleh orang Indonesia yang cenderung menyukai makanan pedas. Untuk mengetahui menu makanan Korea Selatan yang enak dan populer di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya.

Budaya Makanan Korea Selatan

Budaya Makanan Korea Selatan yang Enak dan Wajib Dicoba

Ada beberapa makanan Korea Selatan yang sering muncul di drama dan bikin ngiler siapapun yang melihatnya. Selain tampilannya yang menarik, citarasa makanan Korea Selatan juga terkenal enak dan unik. Berikut ini beberapa daftar makanan khas Korea Selatan yang terkenal di Indonesia.

1.     Kimchi

Bagi kamu yang sering nonton drama Korea pasti sudah nggak asing lagi dengan kimchi. Makanan khas Korea ini terbuat dari sawi putih yang diberi racikan bumbu khusus, kemudian difermentasikan. Kimchi memiliki rasa yang unik yaitu perpaduan antara pedas dan asam.

Makanan satu ini biasanya disajikan bersama ramyun (mi khas Korea) atau hidangan makanan Korea lainnya. Di Indonesia, kimchi sudah banyak ditemukan di minimarket atau supermarket dalam bentuk kemasan sehingga lebih awet dan tidak cepat basi.

2.     Tteokbokki

Budaya makanan Korea Selatan selanjutnya yang nggak kalah menarik untuk dicicipi yaitu tteokbokki. Makanan khas Korea Selatan ini terbuat dari tepung beras yang biasanya disajikan bersama fish cakes atau odeng, telur rebus, taburan daun bawang, dan siraman kuah pedas yang menggugah selera.

Saking populernya, tteokbokki sudah banyak ditemukan di Indonesia baik yang berbentuk instan maupun yang dijual di kedai street food Korea. Gimana nih? Apakah kamu pernah mencoba jajanan khas Korea satu ini?

3.     Kimbap

Kalau Jepang punya sushi, maka Korea Selatan juga punya kimbap. Meskipun mirip, bahan pembuatan sushi dan kimbap cukup berbeda. Kimbap terbuat dari nasi yang diberi isian wortel, daging ikan atau ayam, timun, dan bahan lainnya yang sudah diiris tipis.

Untuk balutan luarnya, kimbap dilapisi dengan rumput laut kering kemudian digulung. Makanan khas Korea Selatan satu ini biasanya disajikan bersama saus asin untuk menambah citarasa. Karena terbuat dari nasi, kimbap cocok di lidah orang Indonesia yang gemar makan nasi.

4.     Bibimbap

Makanan khas Korea Selatan lainnya yang wajib kamu cicipi yaitu bibimbap. Makanan ini terbuat dari nasi putih hangat yang disajikan bersama namul, kecap, gochujang (saus Korea), dan doenjang. Saat ini, bibimbap sudah banyak dikreasikan dengan toping yang bervariasi seperti sosis dan keju.

5.     Gyoza

Gyoza merupakan makanan khas Korea yang masih termasuk dalam sajian dumpling. Perbedaan antara gyoza dengan dumpling terletak pada cara penyajiannya. Penyajian dumpling dengan cara dikukus, sedangkan gyoza dimasak dengan cara digoreng.

Meski begitu, isian gyoza dan dumpling tidak jauh berbeda yaitu berupa daging ayam atau ikan yang sudah dicincang, kemudian diberi tambahan daun bawang dan wortel. Makanan Korea satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di kedai jajanan Korea atau restoran ala Korea.

6.     Jajangmyeon

Kalau Indonesia punya mi ayam, Korea Selatan punya jajangmyeon. Secara sekilas, jajangmyeon mirip seperti mi ayam yang ada di Indonesia. Hanya saja, saus yang digunakan untuk mi khas Korea ini terbuat dari saus kedelai hitam.

Meskipun berwarna hitam gelap, makanan ini memiliki citarasa yang nikmat dan unik, lho. Selain siraman saus kedelai hitam, jajangmyeon juga disajikan dengan beberapa jenis sayuran dan potongan daging ayam.

Dari ulasan di atas, makanan Korea Selatan apa saja yang sudah kamu coba, nih? Karena rasanya yang enak dan unik, maka tidak mengherankan kalau budaya makanan Korea Selatan mudah diterima di lidah orang Indonesia.

error: Content is protected !!